Anda Harus Melunasi Biaya Hosting Dan Domain sebelum Menggunakan Layanan, Ini Ulasan Selengkapnya

biaya hosting dan domain

Biaya hosting dan domain tergantung spesifikasi komputer yang akan diberikan oleh penyedia layanan. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang dipersiapkan, maka otomatis biaya sewa hosting dan domain juga semakin mahal.

Spesifikasi komputer sendiri merupakan prasyarat hosting dan domain server akan berfungsi dengan maksimal. Selain dukungan dari jaringan internet yang juga harus berkecepatan tinggi. Nah, ulasan terkait harga sewa hosting dan domain yang lebih lengkap akan dijabarkan di bawah ini.

Mengapa Harus Membayar Biaya Hosting dan Domain?

Biaya hosting dan domain perlu Anda persiapkan karena dua layanan ini tidak dibuat secara gratis. Bahkan pengembangnya harus mengeluarkan uang puluhan juta rupiah hanya untuk merakit komputer server supaya dua layanan tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Simak Cara Mengecek Domain Website Berikut dan Lacak Siapa Pemiliknya Sekarang Juga!

Pengembang hosting/domain atau admin juga membutuhkan biaya untuk membeli hardware dan software server yang paling canggih. Makanya, Anda harus menyewa kalau ingin menggunakan layanan ini supaya pengembang tidak merasa dirugikan.

Di sisi lain, ketika Anda sudah mendapatkan layanan hosting dan domain, maka Anda bisa membuat website dengan leluasa. Nantinya website tersebut bisa Anda jadikan sebagai ajang mempromosikan produk bisnis atau mencari penghasilan dari add sense. Jadi adanya biaya sewa domain dan hosting adalah wajar karena Anda pun mendapatkan keuntungan darinya.

Sumber Daya untuk Anda Pasca Membayar Biaya Hosting dan Domain

Sekalipun Anda harus mengeluarkan biaya hosting dan domain dengan nominal tertentu, tetapi Anda juga bakalan mendapatkan beberapa sumber daya computing yang bisa Anda atur sendiri atau langsung meminta bantuan admin. Nah, sebagian dari sumber daya perangkat hosting dan domain tersebut akan dijelaskan via listicle di bawah ini. Berikut ulasannya:

1. File Storage

Kalau Anda sudah membayar biaya domain dan hosting maka sumber daya server yang akan Anda dapatkan yang pertama adalah File Storage. Sebuah media penyimpanan file yang bisa diakses secara remote atau jarak jauh.

Sedangkan kapasitas dari File Storage yang didapatkan tergantung budget sewa yang Anda bayarkan. Jika biaya sewanya mahal, maka otomatis file storage yang Anda dapatkan juga berkapasitas tinggi. Bahkan ada penyedia hosting dan domain yang siap menyewakan file storage dengan kapasitas unlimited.

2. Free Domain

Domain adalah nama alamat dari website yang sudah ada di dalam layanan hosting. Anda pasti membutuhkan platform ini supaya viewer bisa menemukan website dengan cepat. Nah, kalau Anda sudah membayar sewa hosting maka otomatis juga bakal mendapatkan domain secara gratis.

Baca Juga: Panduan Cara Beli Domain di Google yang Mudah Untuk Dipraktekkan, Bagaimana? Simak Tipsnya!

Layanan domain sendiri sudah berada di dalam satu paket dengan layanan hosting. Sedangkan untuk jumlah unitnya tergantung penyedia apakah domain diberikan secara unlimited atau justru terbatas. Tentunya Anda akan lebih beruntung kalau mendapatkan domain unlimited karena Anda bisa menggunakannya untuk banyak situs.

3. Security System Tools

Jika Anda sudah memantapkan hati untuk membayar biaya hosting dan domain, berarti Anda juga setuju kalau file-file penting Anda bakal disimpan di cloud storage. Nah, karena perangkat ini berbasis jaringan tentu Anda patut khawatir kalau keamanan data tidak akan terjamin.

Namun Anda tidak perlu was-was karena biasanya penyedia hosting/domain sudah mempersiapkan security system tools yang canggih dengan akurasi maksimal. Nah, Anda bisa memanfaatkan tool ini untuk mengamankan file dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu silakan cari penyedia layanan hosting yang amanah ya sobat.

4. Random Access Memory (RAM)

Seluruh sistem dan program server hosting maupun domain akan tersimpan dengan rapi di dalam perangkat Random Access Memory yang disingkat RAM. Nah, perangkat ini juga menjadi bagian dari sumber daya yang bakal Anda dapatkan kalau sudah membayar biaya hosting dan domain.

Untuk kapasitas RAM sendiri ditentukan oleh harga sewa yang dipatok oleh pengembang atau admin. Cuma sekarang banyak developer server yang menyewakan hosting dan domain-nya dengan harga murah tetapi kapasitas RAM-nya cukup tinggi. Berarti Anda harus memilih developer ini daripada yang lain.

Cara Mendapatkan Hosting dan Domain

Cara mendapatkan hosting dan domain itu sangat mudah karena sejatinya Anda tidak perlu merakit komputer server sendiri melainkan sudah ada yang menyediakannya. Yang perlu Anda lakukan hanya menghubungi developer saja lalu lakukan pembayaran.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan akses ke dalam server yang berupa user name dan password. Silakan Anda masuk ke dalam platform tersebut lalu mulai membuat website. Kalau sudah selesai berarti sudah waktunya Anda untuk mengupload file-file penting ke dalamnya.

Apakah Boleh Memilih Biaya Hosting dan Domain yang Murah?

Patokan biaya sewa hosting dan domain tergantung pihak penyedia atau developer. Seringkali Anda mendapatkan layanan yang sewanya terlewat mahal tetapi juga ada yang sangat murah.

Yang perlu Anda pahami ialah, silakan pilih biaya hosting dan domain yang murah tetapi kualitas server-nya harus benar-benar bagus. Karena ini yang akan menentukan performa dari website termasuk juga menjadi penentu keamanan file yang ada di dalamnya. Jadi, selamat memilih ya sobat.

You May Also Like

About the Author: Agus Heriyanto