Cara Buat Website Jualan itu Ternyata Mudah Loh, Ikuti 4 Step Ini

Cara Buat Website Jualan

Cara buat website jualan itu ternyata sangat mudah serta bagus untuk promosi bisnis. Yang terpenting Anda tahu cara membuatnya serta paham tahapan-tahapan cara yang harus dilalui. Nah, karena kemudahan semacam ini, sekarang para penjual produk mulai berlomba-lomba membangun website yang berkualitas.

Promosi bisnis merupakan strategi untuk memperkenalkan produk ke khalayak luas. Salah satu caranya dengan memperkenalkan produk tersebut melalui website. Nah, kalau Anda telah berhasil membuat website, maka produk tinggal dimasukkan di sana lalu di-share ke media sosial. Selesai, Anda tinggal menunggu pelanggan saja.

Manfaat Website Jualan

Website untuk jualan ternyata memiliki banyak manfaat yang salah satunya biaya promosi sangat murah. Anda tidak perlu mencetak banner yang mahal apalagi mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah. Memang Anda harus menyewa domain terlebih dahulu tetapi itu dipakai untuk waktu yang lama minimal satu tahun.

Baca Juga: Ini Dia Server VPN Gratis Tercepat dan Juga Aman, Yuk Jajal!

Selain biayanya murah, efektifitas promosi juga jauh lebih tinggi. Karena kalau cuma menggunakan banner, yang mengenal produk hanya orang-orang di sekitar Anda. Tetapi kalau promosi via website, maka orang yang mengenal produk bisa satu provinsi bahkan satu Indonesia. Itu artinya, potensi mendapatkan pelanggan jauh lebih besar.

Cara Buat Website Jualan

Sudah dijelaskan di atas kalau cara buat website jualan itu sangat mudah. Namun Anda harus memahami cara-cara yang mesti dilakukan terlebih dahulu. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tutorial membangun website bisnis yang benar dan cepat. Jadi silakan dibaca ini dia penjabarannya:

1. Silakan Sewa Domain dan Hosting

Car buat website jualan yang pertama ialah, Anda wajib menyewa domain dan hosting. Domain adalah alamat website bisnis online Anda yang nantinya alamat tersebut akan diletakkan di sebuah wadah yang disebut hosting. Itu artinya tanpa dua platform ini, mustahil Anda bisa membangun website.

Harga sewa domain maupun hosting tergantung pihak penyedia. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa menawarnya sampai mencapai kesepakatan harga yang bagus. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau penyedia domain dan hosting tersebut bisa dipercaya.

2. Jangan Lupa Pasang CMS

Cara buat website jualan yang berikutnya ialah memasang CMS atau Content Management System. Sedangkan CMS yang direkomendasikan adalah Wordpres. Pasalnya, platform ini dilengkapi fitur yang mumpuni dengan cara konfigurasi dan editing yang sangat mudah.

Selain itu, CMS Wordpres lebih populer dan dianggap sebagai CMS terpercaya. Alhasil, website yang menggunakannya pun akan dianggap legal serta layak untuk dikunjungi. Tentunya ini keuntungan bagi Anda sebagai penjual karena produk akan lebih banyak dikenal orang.

3. Lakukan Instalasi Plugin E-Commerce

Kalau Anda sudah mendapatkan CMS Wordpres maka mulailah mengisi konten platform. Caranya dengan menginstal plugin khusus toko online (E-commerce). Plugin yang populer adalah Woo Commerce karena dianggap memiliki fitur transaksi yang lengkap.

Jika plugin ini sudah di-instal maka Anda tinggal memasukkan konten-konten tertentu ke dalam website. Semisal, market address, payment metode, jenis mata uang, gambar produk, ketentuan pengiriman dan selainnya. Kalau aktivitas ini sudah selesai, maka website jualan Anda sudah rampung.

4. Tulis Review Produk lalu Posting

Cara buat website jualan yang terakhir adalah menulis review produk lalu tulisan tersebut di-publish ke website yang sudah jadi. Silakan buat tulisan yang menarik dan yang sekiranya bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Jangan lupa, silakan buat review sedetail mungkin supaya informasi yang diterima pelanggan lebih lengkap.

Baca Juga: VPS Amazon: Pengertian, Layanan dan Kelebihannya

Kalau Anda tidak bisa menulis review sendiri, maka jangan khawatir, karena sekarang sudah ada jasa penulis artikel berbayar. Anda tinggal membayar jasa kepada mereka dan mereka akan membuatkan artikel review produk yang bagus. Setelah itu, silakan posting artikel tersebut di dalam website agar bisa dibaca oleh klien.

Cara Cepat Website Dikenal Pelanggan

Jika website jualan sudah jadi, maka Anda jangan lantas mendiamkannya. Melainkan harus terus aktif serta harus posting artikel review minimal satu hari satu kali. Jangan lupa juga, link postingan Anda harus di-share ke media sosial seperti Facebook dan Whatsapp.

Ini merupakan cara-cara cepat supaya website dan produk Anda bisa dikenal oleh orang. Nah, semakin banyak orang yang mengenal tentunya peluang produk dibeli oleh mereka juga sangat besar. Untuk itu, sebelum mulai membangun website jualan, Anda harus memantapkan hati dulu kalau akan menjalankan bisnis dengan serius.

Itulah beberapa cara buat website jualan sekaligus cara cepat untuk memperkenalkannya kepada calon pelanggan. Silakan terapkan cara-cara di atas secara berurutan supaya tidak ada hambatan di dalam pembuatannya. Jangan lupa juga silakan memilih penyedia domain dan hosting yang berkualitas.

You May Also Like

About the Author: Agus Heriyanto