Simak Cara Mengecek Domain Website Berikut dan Lacak Siapa Pemiliknya Sekarang Juga!

cara mengecek domain website

Memiliki domain website yang tepat adalah kunci untuk membangun kehadiran online yang sukses. Sebelum Anda mengklaim domain impian tersebut, alangkah lebih baiknya untuk mengecek ketersediaannya. Tidak hanya itu, Anda bahkan juga dapat melacak siapa pemilik domain tersebut untuk mendapatkan informasi yang berharga. Melalui artikel ini, nantinya Anda akan mengetahui berbagai macam cara mengecek domain website untuk mengetahui siapa pemiliknya, yuk simak ulasan berikut!

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Apa Itu Domain Website

Sebelum mengetahui cara mengecek domain website, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu definisinya. Singkatnya, domain website sendiri adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengakses suatu situs di internet. Anda harus tahu bahwa domain website ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu nama dan juga ekstensi domain.

Lebih lanjut lagi, nama domain sendiri merupakan bagian yang dapat dipilih sesuai keinginan, seperti “namausaha”. Sementara itu, ekstensi domain merupakan bagian yang mengindikasikan jenis atau kategori situs web, seperti “.com”, “.net”, atau “.org”. Dengan demikian, bisa dikatakan juga bahwa domain website tersebut memungkinkan pengguna internet untuk mengakses situs web dengan mudah.

Sehingga pengguna hanya perlu membuka URL (Uniform Resource Locator) situs website saja ¬†yang terdiri dari nama maupun ekstensi domain. Misalnya, www.namausaha.com adalah sebuah domain website yang digunakan untuk mengakses situs dengan nama “Nama Usaha”. Namun, perlu Anda ketahui bahwa domain website tersebut harus didaftarkan dan dikelola melalui registrar domain yang sah terlebih dahulu agar dapat digunakan secara resmi di sistem domain global.

Baca Juga : Awas Scam! Ini Dia Rekomendasi Situs Legit Pengganti Fortex Cloud Mining, Mau Tahu?

Begini Cara Mengecek Domain Website Untuk Melacak Siapa Pemiliknya, Mau Tahu?

Setelah memahami definisinya, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui cara mengecek domain website melalui tips yang ada di bawah ini!

Akses Situsnya Secara Langsung

Anda hanya tinggal mengunjungi domain website yang diinginkan saja melalui browser web untuk mengecek pemiliknya. Setelah sampai di halaman utama website tersebut, periksa apakah ada informasi kontak yang disediakan, seperti halaman “Kontak” atau “Hubungi Kami”. Pada halaman tersebut, Anda mungkin akan menemukan informasi kontak pemilik domain, seperti alamat email, nomor telepon, atau alamat fisik. Jika informasi kontak tersebut tersedia, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menghubungi pemilik domain dan memverifikasi pemiliknya.

Manfaatkan Tools Pencarian WHOIS

Cara mengecek domain website yang satu ini hanya dengan mengakses situs WHOIS yang tersedia secara online melalui situs web atau layanan yang menyediakan layanan ini. Setelah mengaksesnya, akan ada sebuah kotak input di mana Anda harus memasukkan nama domain yang ingin dicek nantinya. Misalnya saja, jika ingin mengecek domain “contohdomain.com Anda bisa langsung memasukkan nama domain tersebut ke dalamnya.

Setelah memasukkan nama domain, Anda dapat memulai pencarian dengan mengklik tombol “Cari” atau “Search”. Proses pencarian akan mencari database WHOIS yang berisi informasi terkait pemilik domain. Jika pencariannya sudah selesai, hasilnya akan ditampilkan yang mana meliputi nama pemilik domain, email, nomor telepon, alamat fisik, dan informasi terkait registrar domain. Anda dapat menganalisis informasi yang ditampilkan dan memeriksa secara lebih detail untuk melacak pemilik sebenarnya.

Tetapi, penting untuk diingat bahwa beberapa pemilik mungkin saja memanfaatkan layanan privasi domain untuk menyembunyikan informasi kontak yang dianggap penting. Dalam kasus ini, informasi yang ditampilkan dalam pencarian WHOIS mungkin akan menunjukkan informasi kontak dari penyedia layanan privasi domain. Meskipun demikian, dengan menggunakan alat pencarian WHOIS, Anda masih dapat memperoleh petunjuk dan informasi yang berguna dalam melacak pemilik domain yang ingin diketahui.

Pencarian Publik

Lakukan pencarian melalui mesin pencari seperti Google menggunakan nama domain yang ingin Anda cek. Terkadang, pemilik domain mungkin telah mencantumkan informasi kontak mereka di halaman-halaman publik, forum, atau direktori online terkait dengan domain tersebut. Dengan mencari informasi publik yang terkait dengan domain, Anda dapat menemukan petunjuk atau informasi kontak yang dapat membantu melacak siapa pemiliknya.

Cari Informasinya Lewat Registrar Domain

Jika tidak dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan melalui ketiga cara mengecek domain website di atas, Anda dapat menghubungi registrar domainnya sendiri. Di mana registrar tersebut mungkin dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang pemilik domain atau memberikan panduan tentang cara melacak pemiliknya.

Broker / Pihak Ketiga

Perlu Anda ketahui bahwa ada layanan pihak ketiga yang menyediakan layanan investigasi domain. Di mana Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang pemilik domain. Layanan tersebut dapat mencari informasi dari berbagai sumber, menghubungkan data terkait dengan nama domain, dan memberikan laporan yang lebih terperinci tentang siapa pemiliknya.

Cara mengecek domain website dan melacak pemiliknya ini merupakan sebuah langkah penting untuk memastikan keberadaannya serta menjaga integritas situs Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi tentang domain dan pemiliknya. Dalam dunia digital yang penuh persaingan, pengetahuan ini dapat menjadi senjata yang kuat untuk membangun kehadiran online yang sukses dan aman.

Baca Juga : Belum Banyak Yang Tahu Ini Dia Definisi Hingga Kegunaan VPS Windows Server

You May Also Like

About the Author: Hilda Rahmawati